Pada bulan Januari setiap tahunnya, merupakan bulan bersejarah bagi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia khususnya Direktorat Jendral Imigrasi sebagai Peringatan Hari Bhakti Imigrasi untuk mengenang sejarah panjang perjalanan pembentukan lembaga keimigrasian di Indonesia, yang jatuh pada tanggal 26 Januari 1950. Menindaklanjuti hal tersebut, Kakanim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kemenkumham NTB Pungki Handoyo beserta Pejabat Struktural Kanim Sumbawa besar menggelar Rapat Persiapan Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-72 Tahun 2022 di Ruang Kakanim Kantor Imigrasi Sumbawa Besar, Jumat (14/1/2022).

Dalam pembahasan terkait persiapan pelaksanaan, beberapa kegiatan rencananya akan diselenggarakan seperti pertandingan Voli, Bulutangkis, dan Pingpong, kegiatan Bakti Sosial, kerja bakti serta kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sumbawa juga kegiatan lainnya secara situasional. Rencananya, pelaksanaan kegiatan HBI akan terpusat di Kanwil Kemenkumham NTB, dengan puncak acara kegiatan meliputi Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-72 dan pemotongan tumpeng.

Dalam arahannya Pungki Handoyo menyampaikan beberapa poin penting dalam rapat tersebut diantaranya tentang pembentukan tim dan pembagian tugas serta susunan panitia pelaksanaan kegiatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke – 72 tahun 2022.

Rapat ini membahas beberapa kegiatan yang dilaksanakan, namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan, juga berpedoman pada Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-72 Tahun 2022.