Duta layanan adalah citra pelayanan terbaik yang dihadirkan di garis terdepan pelayanan publik Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB.

Petugas duta layanan bertugas mengakomodasi pertanyaan, pengaduan, komplain, keluhan, serta menjadi ikon pembungan Zona Integritas di lingkungan Kantor Imigrasi Sumbawa Besar. Program Duta Pelayanan bertujuan untuk menjaga konsistensi kualitas pelayanan prima, karena ekspektasi dan kebutuhan pelanggan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Termasuk ketika harus berhadapan dengan krisis dan pandemi. Kantor Imigrasi Sumbawa Besar tetap memberikan layanan eksekutif frontliner untuk mempercepat proses pelayanan informasi pengaduan dan kenyamanan bagi pengguna jasa keimigrasian dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19.

“Duta Pelayanan telah menjadi wajah organisasi yang mencerminkan citra yang akan ditimbulkan oleh organisasi kepada masyarakat. Kompetensi seorang frontliner sangat dibutuhkan dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan,” jelas Pungki Handoyo selaku kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Besar.

Imigrasi harus berani berinvestasi untuk terus meningkatkan keahlian sumber daya manusianya, terutama frontliner yang berada di garis paling depan dalam pelayanan kepada pengguna jasa keimigrasian.Untuk memiliki frontliner yang andal, terlebih dulu fokus menerapkan budaya pelayanan di lingkungan internal perusahaan. Selain keahlian, dalam menyeleksi frontliner, Kantor Imigrasi Sumbawa Besar juga mengutamakan kejujuran, ketulusan, etika dan inisiatif. Hal ini agar pengguna jasa keimigrasian benar-benar mendapatkan pelayanan yang berkualitas.

“Memiliki keahlian saja tidak cukup untuk menjadi seorang frontliner atau duta pelayanan yang unggul. Walaupun teknologi berkembang pesat namun seorang frontliner tidak dapat meninggalkan aspek human touch dalam pelayanannya,” ucap Pungki.

Melalui konsep duta layanan yang “Dinamis dan Fleksibal” diharapkan pemohon mendapatkan layanan publik yang professional, cekatan, humanis, dan khas. Pemohon dengan mudah dapat mengenali duta layanan Kantor Imigrasi Sumbawa Besar melalui pakaian yang dikenakan. “kami berharap dengan tampilan yang menarik, masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan duta layanan kami tanpa ada batasan. Jangan sungkan untuk menghubungi duta layanan Kantor Imigrasi Sumbawa Besar ya, kami tunggu “ tutup Pungki.