Keberadaan status provinsi, bagi NTB tidak datang dengan sendirinya. Perjuangan menuntut terbentuknya Provinsi NTB berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama. Provinsi NTB, sebelumnya sempat menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur dalam konsepsi Negara Republik Indonesia Serikat,dan menjadi bagian dari Provinsi Sunda kecil setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Seiring dinamika zaman dan setelah mengalami beberapa kali proses perubahan sistem ketatanegaraan pasca diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia, barulah terbentuk Provinsi NTB. NTB, secara resmi mendapatkan status sebagai provinsi sebagaimana adanya sekarang, sejak tahun 1958, berawal dari ditetapkannya Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 Tanggal 14 Agustus 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Swatantra Tingkat I Bali, NTB dan NTT, dan yang dipercayakan menjadi Gubernur pertamanya adalah AR. Moh. Ruslan Djakraningrat.

Diusia ke-63 tahun, Provinsi NTB semakin menunjukkan diri sebagai salah satu daerah yang diperhitungkan bukan hanya di Indonesia saja, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Beragam perhelatan nasional hingga kelas dunia silih berganti hadir menghiasi NTB. Tentunya, event-event tersebut diharapkan dapat mendongkrak perekonomian hingga berbagai aspek lainnya yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kemajuan daerah.

Ditengah pandemi Covid-19, hingga bencana alam yang turut melanda, pemerintah bersama masyarakat selalu kompak menghadapi dan melalui berbagai kesulitan hingga mencari solusi bersama dengan sebaik mungkin.

Mari saling mendukung, bahu membahu meraih cita-cita bersama, mewujudkan Provinsi NTB Gemilang

Keluarga Besar Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Mengucapkan
Selamat HUT ke-63 Provinsi NTB
“NTB Gemilang Maju dan Terdepan dalam Prestasi”