Setiap tanggal 10 November seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan demi mengenang jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia. Hari ini, Rabu (10/11), seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar mengikuti Upacara memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan Upacara dilaksanakan di Kantor BAPAS Sumbawa Besar yang di ikuti oleh beberapa UPT dengan daring maupun luring.

Bertindak sebagai inspektur Upacara yang di pimpin langsung oleh Bapak M. Fadli selaku Kalapas Sumbawa Besar, Beliau mengajak seluruh jajaran Kemenkumham Tak perlu keluar darah, cukup keringat dan pikiran untuk menunjukkan kontribusi positif dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk saling menolong, saling menghargai, saling menghormati, serta bergotong-royong dalam mengisi kemerdekaan untuk turut berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini. Sipapun yang berjasa bagi bangsa ini patut disebut pahlawan.
 
Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2021 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.