Jum’at (10/12) Memperingati Hari HAM sedunia ke-73 Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kemenkumham RI melalui Direktorat Jenderal HAM secara virtual yang diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham se-Indonesia serta Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar turut mengikuti kegiatan tersebut yang diikuti oleh seluruh pegawai.


Tema Peringatan Hari HAM Sedunia ke-73 Tahun 2021 ialah Equality: Reducing Inequalities, Advancing Human Rights hal itu merujuk pada pasal 1 Universal Declaration of Human Rights (UDHR) yang berbunyi “Semua manusia dilahirkan bebas dan setara dalam martabat dan hak”.

Kegiatan dibuka dengan video selayang pandang HAM oleh Sekjen, Irjen dan Dirjen perundang-perundangan Kemenkumham selanjutnya menyanyikan lagu indonesia raya, kemudian membacakan Doa. Penayangan video ucapan peringatan Hari HAM oleh Menkumham, Wamenkumham, Menkopolhukam, Mendagri, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Menteri Sosial sebagai bentuk komitmen dalam memperingati Hari HAM Sedunia ke-73 Tahun 2021.
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyampaikan “Peringatan Hari HAM setiap tanggal 10 Desember ini harus terus digaungkan semangat untuk mencapai kesetaraan hak seluruh manusia serta menjadi tonggak untuk mengurangi kesenjangan dalam hal apapun”.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik berbasis HAM kepada masyarakat pada wilayah Kerja di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.