Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini dibuat untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, hingga publik dalam menanggulangi korupsi.

Korupsi telah merusak semuanya lini kehidupan dan menjadi mimpi buruk bagi upaya pembangunan dan kesejahteraan sebuah bangsa. berawal dari korupsi individu dikarenakan ketamakan personal, kini berubah menjadi tindakan terorganisir dan terstruktur secara komunal. korupsi telah menggerogoti semua sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara karena telah merusak dan menyengsarakan ratusan juta anak bangsa.

United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) menyampaikan “Korupsi telah merusak demokrasi dan supremasi hukum, mengarah pada pelanggaran hak asasi manusia, mendistorsi pasar, mengikis kualitas hidup dan memungkinkan kejahatan terorganisir, terorisme dan ancaman lain terhadap keamanan manusia dan pembangunan berkelanjutan”.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB Mengucapkan, “Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia”.