Senin (03/01), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB gelar rapat Internal untuk menyambut kerja tahun 2022. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Besar Pungki Handoyo dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural.

Dalam arahannya Pungki Handoyo menyampaikan kepada jajaran untuk lebih meningkatkan kedisplinan, “saya ingatkan kepada jajaran Kanim Sumbawa untuk menumbuhkan kedisiplinan dalam diri, tingkatkan kinerja yang positif dan bangun Kanim Sumbawa menjadi lebih baik lagi. Ditengah masa pandemic yang masih melanda, kita harus tetap menjaga kesehatan dengan cara selalu menerapkan protokol Kesehatan dalam melaksanakan tugas” tuturnya.


Dalam kesempatan tersebut, Pungki juga meminta seluruh pegawai untuk lebih memahami arahan dari Kepala BPHN sekaligus Plt Dirjen Imigrasi, Bapak Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum terkait UU No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian pasal 1 angka 3 yang berbunyi “Fungsi Keimigrasian yang merupakan bagian dari urusan pemerintahan negara dalam memberikan pelayanan Keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat”. Karena, selama ini kita berfokus kepada fungsi administrasi dan menjalankan fungsi pelayanan hukum serta mengesampingkan fungsi penegakan hukum.

Pada tahun 2022, Kanim Sumbawa Besar mendapatkan dana sebesar Rp. 6.900.427.000,- yang sumber dari Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 3.355.701.000,- dan Rupiah Murni (RM) Rp 3.544.726.000,-. “ Kami punya suatu target kinerja yang lebih baik, dan evaluasi menyeluruh kegiatan 2021 sebagai bahan kegiatan pada Tahun 2022 dengan Monitoring dan Evaluasi akan dilaksanakan perbulan, triwulan, semester dan pertahun untuk kegiatan direncanakan. Kami juga akan memberikan informasi yang transparan kepada publik terkait capaian kinerja,” imbuhnya.

Di Tahun 2022, Pungki menegaskan, layanan Eazy Passport yang sudah berjalan akan terus ditingkatkan, mengingat antusiasme masyarakat Sumbawa yang banyak menggunakan layanan ini.