Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB yang diwakili oleh Kasubag TU Edi Sukriawan menghadiri Penyerahan DIPA Petikan dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun 2022 dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), kepada 10 Bupati/Walikota dan para Kuasa Pengguna Anggaran , termasuk Kanim Kelas II TPI Sumbawa Besar. DIPA dan TKDD diserahkan secara simbolis kepada 24 satuan kerja Kementerian/Lembaga, 10 Pemerintah Kota/Kabupaten, dan Pemprov NTB. Bertempat di Aula Madelaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa pada Jumat, 03 Desember 2021.

Kegiatan ini merupakan rangkaian penyerahan DIPA oleh Presiden pada 29 November 2021 di Istana negara dengan mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”. Beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut meliputi APBN dan TKDD Tahun 2022, serta alokasi anggaran 2022.

APBN 2022 akan fokus pada enam kebijakan utama yakni melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan, peningkatan SDM yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing, melanjutkan pembangunan infrastuktur dan meningkatkan adaptasi teknologi, penerapan zero based budgeting untuk mendorong belanja yang lebih efisien, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antardaerah. Sedangkan kebijakan TKDD Tahun 2022 diarahkan untuk penguatan kualitas desentralisasi fiskal yang diarahkan untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas kinerja daerah.

Pada tahun 2022 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar mendapatkan dana sebesar Rp. 6.900.427.000,- sumber dananya rupiah murni Rp 3.544.726.000,- dan Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 3.355.701.000,-

Diharapkan pelaksanaan anggaran tahun 2022 digunakan secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel sehingga memberikan manfaat yang besar serta menjadi fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.