Sumbawa Besar, Senin (20/12) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB diwakili oleh Pejabat Struktural mengikuti Upacara Dalam rangka Hari Bela Negara Ke- 73 Tahun 2021 yang bertempat di Lapas Sumbawa dan diikuti oleh seluruh UPT yang ada di Sumbawa.

Hari Bela Negara ke-73 kali ini mengangkat tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”
Kegiatan Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta kemudian pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 selanjutnya bertindak selaku pembina upacara Bapak M. Fadli, A.Md.IP., S.Sos., MM. membacakan amanat Bapak Presiden Ir. Joko Widodo pada Peringatan Hari Bela Negara ini. Dalam amanat tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. Salah satu wujudnya adalah bahu-membahu dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bangsa ini akan kuat dan besar apabila semua elemen mampu mengambil peran untuk menjadikan negara ini lebih baik lagi. Dalam amanat tersebut, bahwa tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini tidaklah mudah. Sehingga, diperlukan daya juang dan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit.

Pada Peringatan Hari Bela Negara juga dibacakan Ikrar Bela Negara diikuti seluruh peserta upacara.
Kami, Warga Negara Indonesia, menyadari sepenuhnya bahwa dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa demi kelangsungan hidup negara kesatuan republik indonesia, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku:
1. Mencintai tanah air
2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara
3. Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara
4. Rela berkorban bagi bangsa dan negara
5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Selamat Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021, jaga selalu persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal cinta tanah air, dan berbuat yang tebaik bagi bangsa dan negara. Upacara di tutup dengan doa dan berjalan dengan khidmat.