Sudah tidak berlaku, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB memusnahkan cap versi lama yang sebelumnya digunakan di tempat pemeriksaan imigrasi.

Senin (07/12). Sebanyak 25 cap keimigrasian versi lama dimusnahkan dengan cara di bakar “Cap keimigrasian yang dimusnahkan merupakan cap yang tercantum dalam daftar cap keimigrasian versi lama, yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Sumbawa Besar. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Pungki Handoyo, Selasa (07/12).


Pemusnahan ini mengacu pada surat Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI.1-PB.06.04-018 tanggal 03 Mei 2021 hal Petunjuk Teknis Pemusnahan Cap Keimigrasian Versi Lama.
“Pemusnahan cap keimigrasian tersebut sehubungan juga dengan terbitnya Permenkumham No. 28 Tahun 2018 yang mengatur mengenai cap keimigrasian saat melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi,” bebernya.


Pemeriksaan keimigrasian yang sebelumnya menggunakan cap keimigrasian manual, kini telah beralih pada penerapan cap keimigrasian elektronik. Yang mana cap yang digunakan ini, berupa stiker yang ditempelkan pada paspor saat melakukan pemeriksaan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Seperti diketahui, stiker tersebut memuat berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai ijin tinggal sesuai dengan tujuan kedatangan orang asing tersebut ke wilayah Republik Indonesia.