Selasa (04/01), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB mengikuti kegiatan sosialisasi Mekanisme Pengajuan Uang Persediaan (UP) Tahun 2022 melalui aplikasi SAKTI secara daring yang diselenggarakan oleh KPPN Sumbawa.

Kegiatan ini bertujuan untuk penerapan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) full modul untuk mengatur laporan keuangan di setiap Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga (Satker K/L) dan dalam rangka pengajuan SPM Uang Persediaan (UP) Tahun Anggaran 2022.

Aplikasi SAKTI full modul merupakan aplikasi berbasis web yang menggabungkan beberapa aplikasi terpisah yang digunakan Satker saat ini. Dalam aplikasi SAKTI sendiri tediri dari beberapa modul yaitu, modul penganggaran, modul pembayaran, modul komitmen, modul bendahara, modul persediaan, modul aset tetap, modul pelaporan dan modul administrator. Modul-modul yang semula terpisah tersebut akan digabungkan dan mengakses satu database yang sama sehingga semua data akan menjadi sinkron dan tidak ada lagi duplikasi database seperti yang terjadi pada aplikasi-aplikasi yang digunakan saat ini.

Semoga dengan mengikuti kegiatan sosialisasi ini, dapat menambah wawasan serta menjadi pedoman bagi Bendahara Pengeluaran serta Pengelola Keuangan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dalam pengajuan UP di aplikasi Sakti.