Jumat (31/12), Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB mengikuti Rapat Pembahasan Pekerja Migran Indonesia yang dipimpin oleh bapak Amran Aris Direktur Lalu Lintas Keimigrasian secara virtual.

Rapat ini diikuti oleh Kepala Divisi Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kemenkumham dan Kepala Kantor Imigrasi diseluruh Indonesia, topik yang dibahas mengenai permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) khususnya Non prosedural yang sering menimbulkan berbagai permasalahan di luar negeri. Dalam rapat tersebut dibahas juga solusi dan Langkah-langkah terbaik yang dapat dilakukan dalam mengantisipasi PMI Non prosedural.

Bapak Amran Aris menekankan kepada Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia agar lebih selektif dalam menerbitkan paspor kepada WNI. khususnya bagi pemohon yang akan menuju negara Malaysia, hal ini disebabkan pemerintah Indonesia dan Malaysia belum sepakat terkait Penempatan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) Domestik.

Pada kesempatan ini bapak Amran Aris juga meminta kepada seluruh pejabat imigrasi yang berada di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) dan PLBN (Pos Lintas Batas Negara) untuk memperketat dalam memberangkatkan WNI ke luar negeri, sebagai upaya mencegah keberangkatan PMI nonprosedural.