Kamis (16/12), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB menerima Kunjungan Kerja dari Camat Taliwang yang disambut langsung oleh Yusa Setia budi selaku Kasi Intelejen dan Penindakan Keimigrasian didampingi Oleh Pandapotan Sidjabat Selaku Kasubsi Penindakan Keimigrasian.

Maksud dan tujuan kedatangan Camat Taliwang adalah dalam rangka koordinasi dan Konsultasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar terkait Pengawasan Orang Asing khususnya di wilayah Sumbawa Barat.

Negara Indonesia sendiri menganut sistem kebijakan selective policy. Hal tersebut dapat dilihat pada Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 Pasal 8 Tentang Keimigrasian yang mengatur mengenai persyaratan orang asing yang akan masuk, atau keluarnya Wilayah Indonesia. Jadi hanya orang asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

“Masalah orang asing bukan hanya persoalan imigrasi saja, akan tetapi juga menjadi persoalan sosial dan politik di dalam kehidupan masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan koordinasi dan kerjasama antar lembaga, instansi pemerintah dan masyarakat dalam pengawasan terhadap orang asing. Dengan adanya Tim Pengawasan Orang Asing ini, menjadi sarana bagi kita bersama untuk saling tukar menukar informasi dan untuk dapat dijadikan bahan solusi bersama dalam menangani persoalan orang asing,” tutur Yusa Setia budi.

Yusa juga menyampaikan terima kasih kepada Camat taliwang yang sudah datang untuk berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Sumbawa Besar, Semoga kedepannya sinergitas yang telah terjalin bisa semakin baik.