Sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan masyarakat terhadap paspor, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB melaksanakan kegiatan Penyebaran Informasi Keimigrasian kepada masyarakat yang bertempat di Cafe Ruang Hati Kabupaten Sumbawa Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat dan staff pada Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian.

Penyebaran Informasi kali ini membahas bagaimana syarat, waktu penyelesaian serta biaya permohonan paspor dengan membagikan brosur dan melayani pertanyaan dari masyarakat. Pada kesempatan itu tak lupa Imigrasi Sumbawa Besar juga memberikan sosialisasi terkait Layanan Eazy Passport kepada masyarakat.

 

Kegiatan ini mendapat sambutan dan respon yang positif dari masyarakat, “saya sangat mendukung kegiatan penyebaran informasi yang dilakukan oleh Imigrasi Sumbawa Besar, karena saya sebelumnya tidak tau bagaimana cara mengurus paspor dan setelah dijelaskan oleh petugasnya saya akhirnya tau dan akan berencana untuk membuat paspor.” Ungkap salah satu masyarakat yang berada di kafe tersebut.

   

Perlu diketahui bahwa layanan Eazy Passport merupakan inovasi yang diberikan Direktorat jenderal Imigrasi untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan permohonan paspor yang dilakukan secara kolektif terutama di masa pandemi yang tengah melanda Indonesia saat ini. Masyarakat yang mengurus paspor secara kolektif tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor karena, Petugas Imigrasi yang akan berkunjung ke tempat yang telah disepakati sebelumnya.

Sebagai institusi pelayanan masyarakat, Kantor Imigrasi Sumbawa Besar senantiasa berupaya memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan penyebaran informasi ini dapat menambah wawasan masyarakat terhadap cara pengurusan permohonan paspor.