Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB menjalin sinergitas dan hubungan yang baik dengan instansi yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, Karena setiap organisasi tidak bisa melakukan tugas dan fungsinya secara mandiri, membutuhkan sinergi dengan organisasi dan atau instansi lainnya.

Untuk itu, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB Loreta beserta tim hari Kamis – Jumat, 14-15 Oktober 2021 melakukan kunjungan sebagai bentuk sinergitas yang saling menguntungkan dan saling memberikan informasi terkait tugas dan fungsi masing-masing dengan mengunjungi 3 Kantor Instansi di Kabupaten Sumbawa Barat, yaitu Polres Sumbawa Barat, Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat dan BNNK Sumbawa Barat.

Kunjungan Tim Kanim Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB ke Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat dan BNNK Sumbawa Barat disambut dengan baik oleh Pejabat Strukural disana. Loreta menyampaikan, Pembangunan Unit Kerja Keimigrasian di Taliwang telah selesai dilaksanakan namun belum beroperasi. Untuk pelayanan paspor bagi masyarakat di Taliwang dapat memanfaatkan Layanan Eazy Passport. Disamping itu, tanggal 25 – 26 Oktober 2021 Imigrasi Sumbawa Besar akan mengadakan Pelayanan Keimigrasian dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 dirangkaikan menjadi Soft Opening beroperasinya UKK di Taliwang.

Selanjutnya tim melakukan kunjungan ke Polres Sumbawa Barat yang diterima hangat oleh Bapak AKBP Heru Muslimin S.I.K,M.Ip selaku Kapolres yang memberikan apresiasi terhadap koordinasi, tukar menukar informasi serta hubungan yang baik dalam hal Pengawasan Orang Asing yang bisa dilakukan bersama-sama dengan instansi terkait lain kedepannya. Dalam kesempataan ini, Heru memberikan “3KO (Koordinasi, Komunikasi, Konsultasi) menjadi jargon dalam membangun sinergi antar instansi di wilayah kerja Polres Sumbawa Barat”, katanya menambahkan.