Kunjungan Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham NTB ke Kantor Imigrasi kelas II TPI Sumbawa Besar dalam rangka monitoring dan evaluasi ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 16 – 17 Juni 2021.

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan melakukan tinjauan langsung terhadap sarana dan prasarana yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar. Dalam tinjauannya, Parlindungan yang didampingi oleh pejabat struktural Kanim Sumbawa melakukan pengecekan ke setiap seksi mulai dari Ruangan sekretariat TIMPORA, Seksi Inteldakim, Kasubsi Pelayanan, Verifikasi Dokumen Keimigrasian, Tata Usaha dan Pelayanan Warga Negara Asing juga tidak luput dari pengecekan parlindungan dan tim. Secara keseluruhan, fasilitas yang ada di Kanim Sumbawa sudah baik. Pelayanan kepada masyarakat pun sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

 

Monitoring dan evaluasi di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dilanjutkan dengan penguatan tugas dan fungsi (tusi) Keimigrasian oleh Kepala Divisi Imigrasi, Parlindungan yang didampingi oleh Tim Divisi Imigrasi. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan meliputi Pengawasan dan Penindakan Orang Asing dan setelahnya diberikan penguatan terhadap solusi dari permasalahan yang ada. Disamping itu, Parlindungan dan tim mengecek secara langsung ruang pelayanan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

 

Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar mengikuti Apel Pagi yang dipimpin oleh Parlindungan selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham NTB. Parlindungan dalam amanatnya menuturkan bahwa untuk meraih WBK tidak hanya semangat yang diperlukan tapi juga adanya komitmen  dari seluruh jajaran. “saya sangat mengapresiasi jajaran Kanim Sumbawa Besar dalam mendukung pimpinan untuk membangun zona integritas menuju WBK/ WBBM,” imbuh Parlin dalam amanatnya. Pada kesempatan ini Parlindungan juga memberikan penghargaan kepada dua orang pegawai berprestasi di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar. Penghargaan ini diberikan atas kinerja yang baik pada Kanim Sumbawa Besar.

 

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar mengadakan live streaming dengan tema WBK menuju Imigrasi Sumbawa Besar dengan Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham NTB sebagai bintang tamu. Bincang-bincang yang disiarkan diseluruh media sosial Kanim Sumbawa ini membahas mulai dari kesiapan Kanim Sumbawa meraih predikat WBK hingga pelayanan Eazy Passport di masa pandemi. “WBK harus diraih karena negara sudah memberikan gaji untuk kesejahteraan kepada pegawai oleh karena itu kita perlu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Parlin. Parlin juga menambahkan tiga poin penting dalam meraih WBK, yaitu semangat, komitmen, dan inovasi dari jajaran. Acara ini dipandu oleh Erna Loreta Silalahi selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian  serta Pungki Handoyo Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar.

 

Melanjutkan monitoring dan evaluasi di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan, memberikan penguatan terkait pembangunan zona integritas kepada seluruh jajaran. Parlindungan menyampaikan untuk membangun zona integritas, diperlukan branding yang baik untuk menyampaikan pesan positif ke masyarakat luas bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar siap dan pantas untuk mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Beliau juga menyampaikan pentingnya peran Kepala Kantor untuk melakukan internalisasi kepada seluruh jajaran yang harus dilakukan setiap hari agar seluruh jajaran benar-benar siap untuk membuat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar meraih predikat WBK. “Kakanim sebagai role model harus bisa menjadi contoh yang baik kepada seluruh jajaran. Jangan lupa juga selalu lakukan penguatan internalisasi kepada jajaran. Jika itu dilakukan, meraih WBK bukanlah hal yang sulit.” tutur Parlin dalam arahannya.