Rabu (08/12) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB menerima kunjungan dari Camat Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Adapun kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kabag TU Edi Sukriawan didampingi oleh Kaur Umum Sulaiman dan Kasubsi Penindakan Keimigrasian Pandapotan Sidjabat.
Kunjungan kali ini dalam rangka Konsultasi terkait akan adanya warga negara asing sehubungan akan di buka Kawasan Industri Maluk serta Pelonggaran Status Covid-19, untuk itu perlu langkah Antisipasi dalam penanganan hal tersebut ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar.

     

Kasubsi Penindakan keimigrasian, Pandapotan Sidjabat menjelaskan, bagi orang asing yang tidak menghormati atau tidak mentaati peraturan perundang-undangan dapat dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian oleh Pejabat Imigrasi sesuai dengan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
“Pelayanan dan pengawasan keimigrasian yang dijalankan berdasarkan prinsip selective policy yakni dengan prosperity approach dan security approach. Hanya warga negara asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Negara Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Sidjabat mengatakan bahwa kedepannya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar akan lebih giat melakukan pengawasan terhadap orang asing yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Kunjungan ini juga membahas kerja sama yang bisa dilaksanakan untuk peningkatan pelayanan kepada publik dan pengawasan keberadaan serta kegiatan WNA di Kabupaten Sumbawa Barat. Pertemuan berlangsung dengan hangat tanpa kendala berarti dan tetap mematuhi protokol kesehatan.