Hallo Sobat Sabar! Bagi kalian yang sudah atau akan melakukan permohonan layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI.1-KU.01.03-181 Tentang Batas Waktu Pembayaran Billing Simponi TA. 2021, kami menginformasikan untuk segera melakukan proses pembayaran di Kantor Pos atau Bank Persepsi karena Batas pembayaran bagi permohonan layanan yang dilakukan sebelum tanggal 1 Januari 2022 harus sudah dibayarkan pada tanggal 31 Desember 2021.

Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) sendiri merupakan sistem billing yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Anggaran untuk memfasilitasi pembayaran atau penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran. SIMPONI memberi kemudahan bagi Wajib Bayar atau Wajib Setor untuk membayar atau menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai kanal pembayaran seperti EDC (Electronic Data Capture), ATM (Automatic Teller Machine), teller (Over The Counter) maupun internet banking. Dengan berbagai macam pilihan masyarakat dapat dengan mudah memilih alternatif pembayaran sesuai kebutuhannya.

“Sehubungan dengan adanya mekanisme penyetoran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, maka batas waktu pembayaran paspor maksimal 7 hari yang tertera di billing simponi disesuaikan menjadi paling lama tanggal 31 Desember 2021”. Ungkap Pungki Handoyo.