Pada tanggal 16 Agustus 2021, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar melaksanakan Safari Virtual Pembinaan Pembangunan Zona Integritas. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Kantor, Pejabat Struktural serta seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menyampaikan beberapa hal diantaranya :
1. Pembangunan ZI membutuhkan komitmen yang tidak hanya bergantung pada Pimpinan saja namun juga seluruh ASN pada Satuan Kerja. Mulai dari sekarang sudah harus mempersiapkan diri sebaik – baik nya, mulai dari performance bagian depan, ruang layanan, ruang kerja dan fasilitas perkantorannya untuk dapat segera diperbaiki.
2. Menpan RB telah meluncurkan aplikasi yaitu aplikasi SHPRBZI dan ditujukan untuk pengguna layanan. Adapun jumlah responden yang di input ke dalam aplikasi di targetkan sebanyak 100 responden untuk setiap Satuan Kerja.
3. Ada beberapa indikator yang dapat menggugurkan Satuan Kerja dalam meraih WBK diantaranya adalah survey IPK/IKM serta kanal pengaduan dan pelaporan.
4. Segera mengambil langkah – langkah strategis dalam rangka pelaksanaan anggaran di Semester II TA. 2021.
5. Perlu di tingkatkan kembali tekait pemanfaatan website dan media sosial serta pelaksanaan hasil tindak lanjut Rakorwil Semester I TA. 2021 perlu disampaikan secara berkala ke Kantor Wilayah.

Adapun arahan yang diberikan oleh Kepala Divisi adalah sebagai berikut :

  • Mohon untuk dipantau terkait permintaan Data Pengguna Layanan secara online melalui Aplikasi SHPRBZI.
  • Kiat – kiat dalam menghadapi Tim TPN oleh Inspektur Jenderal adalah meningkatkan komitmen dan konsistensi, perlu meningkatkan inovasi dan antisipasi mystery shopper.
  • Hal – Hal yang perlu dikuatkan kembali seperti kegiatan yang berkaitan dengan Pembangunan Zona Integritas perlu lebih dipublikasikan ke masyarakat melalui media sosial / website dengan kemasan yang menarik dan membuat Kerjasama dengan rekan – rekan media.
  • Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kerja PNS, maka di minta untuk Kanim Klas I TPI Mataram juga melakukan penutupan SKP dan membuat SKP terbaru sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Menindaklanjut arahan Sekretaris Jenderal diminta partisipasi dari seluruh Pegawai di Kanim Klas I TPI Mataram untuk melakukan pemantauan aplikasi kesehatan Covid-19.

Adapun arahan dari Kepala Divisi Keimigrasian adalah sebagai berikut :

  • Hal – hal yang perlu dilakukan untuk membangun ZI di Satuan Kerja Keimigrasian : Sebagai role model harus memastikan bahwa pimpinan berperan aktif dalam role model dan berperan sebagai agen perubahan untuk mendorong Pembangunan ZI, memastikan pembangunan ZI dengan melibatkan seluruh pegawai tidak hanya Pokja saja yang membangun ZI, dilakukan monev Pembangunan ZI secara berkala sehingga diketahui progress pembangunan ZI serta kendala – kendala yang dihadapi, melakukan internalisasi budaya kerja dan pola piker secara konsisten.
  • Terkait pengisian Survey Mandiri IPK/IKM mohon untuk menjadi perhatian dari masing – masing Satuan Kerja. Survey Kepuasan Masyarakat dan Anti Korupsi dilakukan secara berkala dan diminta menganalisis hasil survey tersebut.
  • Hal – hal yang harus dihindari dalam pembangunan ZI : Orientasi Reward, Pembangunan secara instant, kurang melibatkan Stakeholder, mindset dokumentasi, Super Man, Inovasi tidak berdasar problem.
  • Diminta masing – masing Satuan Kerja Keimigrasian untuk memeriksa Respon masyarakat pada Google Review / Ulasan.