Selayang Pandang

Kabupaten Sumbawa Adalah Sebuah Kabupaten Yang Terletak Di Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Ini Memiliki Keindahan Dan Sumber Daya Alam Yang Melimpah Dan Memiliki Motto Daerah Sabalong Samalewa. Sabalong Bermakna Memperbaiki Dan Samalewa Bermakna Menjaga Bersama. Motto Ini Merupakan Cermin Masyarakat Sumbawa Yang Bersama-Sama Saling Memperbaiki, Berbenah Dan Menjaga. Moto Ini Selaras Dengan Semangat Reformasi Birokrasi Yang Dicanangkan Oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Imigrasi Sangat Mendukung Program Reformasi Birokrasi Dengan Membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, Mendorong Seluruh Satuan Kerja Imigrasi Di Indonesia Dan Di Luar Negeri Termasuk Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Untuk Berkompetisi Meraih Predikat WBK WBBM Dari Kemenpan-Rb. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Merupakan Unit Pelaksana Teknis Imigrasi Di Bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Nusa Tenggara Barat Dengan Wilayah Kerja Meliputi Kabupaten Kabupaten Sumbawa Dan Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam Pelaksanaannya, Kantor Imigrasi Kelas Ii Tpi Sumbawa Besar Terus Berkomitmen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Yang Bersih Dan Transparan.

 

Peningkatan Kualitas Tersebut Dengan Menerapkan 6 Area Perubahan, Meliputi :

 

1. Manajemen Perubahan

Manajemen Perubahan Mempunyai Tujuan Untuk Merubah Secara Sistematis Dan Konsisten, Baik Mekanisme Kerja, Pola Pikir, Serta Budaya Kerja Pegawai.

Dalam Pelaksanaannya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Membentuk Tim Kerja, Menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Zi Menuju WBK/WBBM, Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Serta Melakukan Perubahan Pola Pikir Dan Budaya Kerja. Kepala Kantor Sebagai Role Model Akan Memotivasi Untuk Melakukan Perubahan Budaya Kerja Yang Lebih Baik.

 

2. Penataan Tata Laksana

Penataan Tata Laksana Melakukan Perubahan Terkait Standar Operasional Prosedur, Pemanfaatan E-Office Dan Menjamin Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam Pelaksanaannya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Menggunakan Kanal-Kanal Media Sosial Seperti Facebook, Instagram, Youtube Dan Juga Website Yang Menyajikan Informasi Terkait Pelayanan Keimigrasian Dan Melayani Pengaduan.

Dari Penyebaran Informasi Tersebut, Tim Humas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Meraih Peringkat Ke-3, Penyampaian Berita Kehumasan Terupdate Triwulan 1 Tahun 2021, Di Tingkat Unit Pelaksana Teknis Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Nusa Tenggara Barat.

 

3. Penataan Manajemen Sdm

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Terus Melakukan Penataan Manajemen Sdm, Dengan Melakukan Perencanaan Kebutuhan Pegawai, Membuat Peta Jabatan, Dan Melaksanakan Pola Mutasi Internal. Setiap Pegawai Didorong Untuk Meningkatkan Kompetensi, Baik Mengikuti Diklat, Bimteg Dan Training Di Internal Maupun Eksternal. Dalam Penegakan Aturan Disiplin, Akan Diberikan Reward Dan Juga Punishment.

 

4. Penguatan Akuntabilitas

Dalam Rangka Penguatan Akuntabilitas Dan Transparansi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Atau Dipa. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Berupaya Untuk Terus Berinovasi Diantaranya Memonitoring Dan Mengevaluasi Pelaksanaan Anggaran, Serta Terus Berupaya Meningkatkan Capaian Kinerja Sesuai Target Kinerja Dan Anggaran, Sehingga Kinerja Dapat Berjalan Sesuai Dengan Rencana Kerja Dan Kalender Kerja.

 

5. Penguatan Pengawasan

Dalam Rangka Penguatan Pengawasan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar  Telah Mengimplementasikan Pengendalian Gratifikasi,  Penerapan Spip, Pengaduan Masyarakat, Penanganan Benturan Kepentingan Dan Internalisasi  Witselblowing System Atau Wbs.

6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Dalam  Menunjang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Memiliki Beberapa Inovasi Antara Lain :

  1. Pegas Ikm (Penilaian Petugas Indeks Kepuasan Masyarakat)
  2. Budaya Kerja 5s Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Dan Santun
  3. Trifot (Antrean Berbasis Foto)
  4. Wabar (Whatsapp Si Sabar)
  5. Sipepo (Sistem Pendaftaran Eazy Passport Online)
  6. Le-Chat (Live Chat Website)
  7. Kita (Kartu Identitas Layanan)
  8. Snack Corner Britis (Beri Gratis)
  9. Pin Apresiasi
  10. Silamo (Salam-Sapa Pemohon)

Beberapa Peningkatan Fasilitas Dilakukan Seperti :

  1. Ruang Tunggu Pemohon Lebih Nyaman,
  2. Ruang Ramah Ham
  3. Tempat Parkir Gratis
  4. Jalur Khusus Untuk Penyandang Disabilitas,
  5. Ruang Laktasi,
  6. Pojok Bermain Untuk Anak,
  7. Pojok Baca
  8. Media Center
  9. Dan Mushollah

 

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Memiliki Sepasang Maskot Si Sabar Dan Si Gesit

Si Sabar Singkatan Dari Sobat Imigrasi Sumbawa Besar Dan Si Gesit Merupakan Singkatan Dari  Sobat Imigrasi Selalu Giat Empati Bebas Dari Korupsi Dan Transparan.

Kostum Yang Digunakan Oleh Maskot Adalah Pakaian Adat Sumbawa

Sapuq  Merupakan Topi Yang Digunakan Oleh Si Sabar Yang Bermakna Prinsip Dan Keyakinan Untuk Tidak Tunduk Kepada Manusia

Kre Alang Merupakan Sarung Bermotif Gili Liyuk Yang Digunakan Oleh Si Sabar Bermakna Gotong Royong Dan Kebersamaan

Cipo Cila’ Merupakan Kain Penutup Kepala Si Gesit Yang Berfungsi Sebagai Penutup Aurat Wanita Sumbawa

Lamung Pene’ Yang Dibuat Dari Benang Emas Dan Perak Yang Menandakan Wanita Dari Keluarga Kerajaan Dan Menjadi Bukti Kekayaan Tanah Sumbawa