Sumbawa – Ditengah Pandemi Covid-19 Kementerian Hukum dan HAM RI tetap bersyukur masih dapat melaksanakan Upacara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2020. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar mengikuti upacara HDKD secara virtual yang disiarkan langsung dari Graha Pengayoman,bertempat di aula Kantor Imigrasi Sumbawa, Selasa (27/10/2020).

Sesuai dengan tema Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 adalah “Layanan Publik Digital Kementerian Hukum dan HAM, Menuju Indonesia Maju”, dengan logo Burung Merpati yang memiliki makna efektif dan efisien, karena merpati mampu bekerja teamwork bukan solowork.

Dalam sambuatan MenterI Hukum dan HAM RI menyampaikan “ Semangat yang kita bangun bersama adalah melakukan revolusi digital dalam administrasi pelayanan publik. Hal ini sudah kita mulai sejak tahun 2016 dengan pencanangan Birokrasi Digital.”

Kementerian Hukum dan HAM ingin melakukan lompatan yang lebih besar agar seluruh pelayanan publik di Kementerian Hukum dan HAM berjalan secara digital, sehingga pelayanan akan semakin cepat, mudah, dan transparan.

Hal tersebut sejalan dengan adanya revolusi digital layanan Kementerian Hukum dan HAM. Setelah upacara ini dilakukan Launching Aplikasi e-visa dan Aplikasi SIP-Kumham (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM).

Selain itu Sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita, pada peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2020 ini, Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini antara lain Kumham Peduli, Kumham Berbagi (pembagian handsanitizer dan masker); Konferensi Ilmiah Internasional hukum dan HAM bertema “Reimagining the Vision on Law and Human Rights.”; Virtual Bike Ride, lomba puisi, lomba pidato, dan lomba lagu dengan tema Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020; dan kegiatan SWAB masal bagi seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM di Pusat.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan kepada kita semua guna membangun bangsa dan negara, menuju Indonesia Maju.Dirgahayu Kementerian Hukum dan HAM RI.” ucap Menteri Hukum dan HAM RI akhiri sambutannya.